Mengapa Bali Sangat Indah??

.

Thx God gw bisa kembali ke Bandung dengan selamat sentosa setelah perjalanan darat yang melelahkan ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Bali senyum. Disini gw akan menulis tentang Bali yang sangat indah (menurut gw) dan gw sangat menyarankan agar sobat yang belum pernah ke Bali, nabung dech dari sekarang biar bisa ke sana sengihnampakgigi.

Selama kurang lebih 1 minggu di Bali, gw bener2 dimanja dengan suasana kota dan penduduknya yang membuat ingin domisili di Bali. Special thx buat bapak I Wayan Sudana yang telah memberikan banyak pengetahuan tentang Bali dan memberikan kami tempat menginap dirumahnya yang sangat indah kenyit

Beberapa point penting tentang Bali :

1. Kurang lebih 95% bangunan mempunyai motif Bali, entah itu atap atau pagar. Menurut Bapak Wayan, untuk mendirikan bangunan harus ada bagian yang mencerminkan Bali, karna kalo gak ada maka IMB nya akan sangat sulit untuk dibuat. Dan ada batas maksimal ketinggian, jadi gak heran kalo tidak ada bangunan tinggi di Bali.

2. Kota yang sangat "hijau"
Hampir di seluruh tempat yang gw kunjungi, pasti sangat banyak pohon. OMG, betapa indah dan sejuk melihatnya.

3. Disiplin
Penduduk Bali menurut gw termasuk disiplin berlalulintas. Di perempatan jalan, orang berhenti dengan rapi di belakang garis putih dan sangat jarang orang yang melanggar rambu lalu lintas jadi masih sabar menunggu di lampu merah.

4. Bersih
Kota yang sangat bersih. Ini akan membuat warga semakin sadar pentingnya kebersihan dan membuat orang juga malu untuk membuang sampah sembarangan.

5. Banyak anjing
Untuk yang tidak suka dengan anjing atau takut terhadap anjing, hati2 kalau ke Bali, anjing sangat banyak. Mungkin rata2 1 rumah mempunyai 2 ekor anjing. Banyak juga anjing2 liar, jadi hati2, tar bisa ke rabies kalo digigit tandu.

6. Masjid
Disini sedikit Masjid, mungkin karna mayoritas penduduknya beragama Hindu. Jadi dalam perjalanan, teman gw susah mencari Masjid untuk menunaikan sholat Jumat.

7. Pintar
Banyak penduduk lokal yang jago berbahasa asing, khususnya pedagang. Salut banget mendengar pedagang menawarkan dagangan ke orang asing, khususnya Jepang, Mandarin dan Inggris.

8. Banyak patung
Hampir semua prempatan yang gw lewati, pasti ada patung. Bukan patung biasa, tapi patung dewa2 menurut umat Hindu. Ini juga menambah keindahan kota itu.

9. Angkot jarang
Ini yang jarang ditemukan di kota Denpasar khususnya, mungkin karna dah banyak yang punya motor jadi angkot jadi gak laku. Ini juga yang membuat kota Denpasar jadi gak terlalu macet.

10. Jalan mulus
Jalan2 di kota Denpasar sangat jarang yang rusak. Wah bener2 lancar banget di jalan, tapi hati2 karna jalan yang mulus membuat orang jadi suka kenceng2 bawa mobil atau motornya.

11. Keamanan ketat
Sewaktu gw dirumah Bapak Wayan, pernah datang petugas Banjar (kelurahan) yang memeriksa tiap rumah disekitar situ. Untung aja gw lagi diluar waktu itu jadi gak "capek" ngurus2 surat di kelurahan. Buat yang mau ke Bali, siapkan identitas diri yang lengkap dan siapkan juga nama temen atau kerabat untuk didata di pelabuhan Gilimanuk. Ini sangat bagus untuk mencegah orang2 yang datang ke Bali tanpa tujuan yang jelas yang bisa menambah padatnya penduduk. Kalo di Jakarta diterapkan system ini, pasti Jakarta tidak terlalu padat penduduknya.

Wah gak tau lagi dech mau nulis tentang apa, yang pasti Bali memang sangat indah dan sangat menyarankan agar orang2 Indonesia khususnya pemerintah daerah lain berkunjung ke Bali biar bisa mencontoh tentang kota Denpasar (apa udah sering ke Bali tapi ke cafe doang mungkin yach peace).

Jadi ingat tentang lapangan karebosi di Makassar yang telah di ubah menjadi Mall. Menyedihkan banget, terlalu sok gaul tapi budaya sendiri jadi hilang garupale. Akan sangat bagus jika dibiarkan menjadi lapangan atau diubah menjadi taman atau museum seperti museum Renon di Denpasar.

Kira2 ada yang mau menambahkan gak? Atau ada yang mau nanya atau kasih komentar, ditunggu yach kenyit.

59 komentar:

Toyota Prius II Hatchback said...

Bali memang indah.....

Saya paling suka pantai kuta, tato dan jogger..

rasanya pengen ke sana lagi tapi kapan ya.....

>AutomotiverBlog<
.

Ghustie Samosir said...

@ Toyota Prius II Hatchback :
Oh iya sob, lupa masukin tentang Pantai Kutanya, takut pornografi hehhehe
Wah saya juga pengen nabung biar bisa kesana lagi sob :D

buwel said...

wuih jadi pengin liburan ke bali nih.....
memang indah sob...

Ghustie Samosir said...

@ buwel :
Hahahhaa, kalo ada duit mah, mungkin tiap bulan saya kesana sob hehehhe

ridwanox said...

huammmmmmmmmenak kebali ya.....pengen deh kesana ongokosin song hueeehe

alphawave said...

banyak pemandangan indahnya bro... terutama di dreamland... =))

Amelia said...

Wah enak nih yang liburan di Bali :p Setuju deh aq.. Bali tu emang asik tempatnya.. btw.. nginepnya di kota mana? di Denpasar meski semua taat lampu merah tp motornya itu lo... serabutan nggak karuan.. nyebelin >_<

edylaw said...

belum pernah ke bali:D
Jadi kepengen kesana neh :D
Salam kenal

Ghustie Samosir said...

@ ridwanox :
Hehehehe, nabung dong dari sekarang sob :D

@ alphawave :
Wah gak sempat ke dreamland sob, nantilah kapan2 hhehehe, denger2 sich banyak yang "indah" emang disana :p

@ Amelia :
Aku nginep di Denpasar, mungkin karna terlalu banyak motor jadinya gitu, tapi kebayang gak kalo banyak juga angkot disitu, pasti tambah semrawut :(

@ edylaw :
Sebaiknya kesana dech sob :D
Salam kenal juga sob :)

firza abdi said...

Banyak cuci mata di pantainya =))
wah dah lama ga ke sana lagi...

Ghustie Samosir said...

@ firza abdi :
Hehehhe, itu sich dah pasti sob di pantainya :p

Wisata Sadau SEO said...

saya dulu juga pernah ke Bali sob.. tapi masih kecil.. jadi kurang berkesan.. ^^ dari ceritanya seru kayaknya sob.. jadi pengen lagi..

Ghustie Samosir said...

@ Wisata Sadau SEO :
Wah kalo gitu, sebaiknya kesana lagi dech sob :)

ajie said...

wuih banyak turis donk mau ke bali

Ghustie Samosir said...

@ ajie :
Wah banyak banget sob :)

T. Wahyudi said...

kayak apa ya.. BALI... soalnya saya belum pernah kebali mas.... he....

ajie said...

datang lagi biar ngalain buwel komennya

Ghustie Samosir said...

@ T. Wahyudi :
Kurang lebih seperti diatas yang saya tulis mas hehhhe, itu belum tentang pantai Kutanya :D

@ ajie :
hehhee, saingan nich top komentator :D

kristo said...

wahh jadi pengen jalan2 ke Bali..salam kenal

edylaw said...

Kalau angkot jarang, trus yang gak punya motor mau ke pasar mesti naik taksi donk hehehe

Ghustie Samosir said...

@ kristo :
Harus sob, kesana dunk biar liat "indah"nya dunia hehhehe

@ edylaw :
Wah jarang gw liat sob orang pergi ke pasar, mungkin karna gw bangunnya agak siangan ehhehehe

zisya said...

klo ke semarang mampir :D

Ghustie Samosir said...

@ zisya :
Ok sob :D

iklan baris gratis said...

Sesuatu yang perlu ditiru dan dan diterapkan di kota-kota lainya, dan budaya memang harus di pelihara, bukan berarti harus beragama hindu, tapi budaya yang sesuai dengan daerah masing-masing!

yahoodyahood said...

Bali sangat indah karena saya pernah kesana dan menikmatinya. Kalau saya gak pernah ke sana apalagi belum pernah melihatnya atau mendengarnya sama sekali maka saya tidak bisa memberi komentar bahwa bali itu sangat indah.

wantyharianja said...

hmmm
nabung achhhh..
ntr bareng k BALI nya ya iban,:))

erwinyustiawan said...

jadi pengen ke bali..:)

Ghustie Samosir said...

@ iklan baris gratis :
Betul sob, ini wajib ditiru ama daerah2 lain, budaya daerah lain pasti gak kalah bagus kok kalo dikelola dengan baik sperti Bali :)

@ yahoodyahood :
Emang Bali indah banget yach sob :D

@ wantyharianja :
Ayo, nanti aku temenin dech heheheh

@ erwinyustiawan :
Jangan sampe gak kesana sob, indah banget dech ;)

agung said...

Salam kenal Mas n yg dah pada komen duluan.
Mmmh...deskripsi yg pas buat Bali...
tambah lg mas buat yg muslim n belum pernah n ada rencana ke Bali :)
Hati-hati dengan jajanan ato pas nyari makan di warung-warung di Bali, jgn asal comot aja tuh makanan liat di depan warung ada sesajen ga...Klo bisa cari yg ada kode muslimnya alias ada tulisan bismillah ato tulisan arab deh.

Salah-salah bisa salah makan yg haram nanti hihihi.

Ghustie Samosir said...

@ agung :
Wah iya sob, lupa saya masukin tentang itu, makasih yach dah ngingetin heheheh
Di Bali emang harus hati2 kalo beli makanan di warung terutama yang Muslim. Kalo bisa cari warung yang ada tulisan "Warung Muslim" :)

Nur Rachmat said...

mantap bro.. bali memang indah.. merupakan suatu kebanggan bagi indonesia..

Haady said...

Wah, Bali emang TOP deh.. Kapan ya ada waktu kesana lagi..??? Sukses Sob,

Planet Jingga said...

di bali biasanya bule sering jg ngebut bawa motor, wkwkwkw..

F A B I O said...

wew...ga sia2 pnya nama Gusti, I Gusti.....

iwayansudana said...

Ola
Mantap juga nih artikelnya
btw thanx juga ada sanjungan di artikelnya

ditunggu jalan2 ke bali lagi...
btw lebaih baik kalo honeymoon

salam
br/iws

Tips Facebook said...

aduh jadi ngiri pengen kesana :D

fauzy said...

wah, jadi pengen ke Bali lagi nih, kapan ya? ;))

Ghustie Samosir said...

@ Nur Rachmat :
Betul sob, tapi khan banyak juga daerah yang bisa dibanggain :)

@ Haady :
Bareng aja sob kalo mau heheheh, aku juga pengen banget kesana lagi :D

@ Planet Jingga :
Hahahhhaa, iya tuh sob, malah kadang2 gak pake baju lagi :)

@ F A B I O :
Hehheheh :p

@ iwayansudana :
Ok pak, nanti dipikirin ke Bali lagi kalo mau honeymoon heheheh
Salam buat keluarga pak ;)

@ Tips Facebook :
Wah kesana dunk sob, indah banget dech :p

Magazine Blog said...

bule ga pake baju bawa motornya cewe/cowo sob?? :P hehehe..

Ayas Tasli Wiguna said...

asyik bgt t,, emang semua yg dibahas ttg bali bener bgt.. jd pengen kesana lagi :((

betewe ketemu sm itik bali g??kenal kan?

Ghustie Samosir said...

@ Magazine Blog :
hahahha, iya sob betul :)

@ Ayas Tasli Wiguna :
Itik Bali?? Yang mana tuh sob? Wah kayaknya belum tuh :(

torik said...

btul sob saya udah ngalamin ke sana sendiri sekitar bulan April kemarin dan ternyata Bali itu indah

sukma said...

perasaan kalau sudah ke bali sekali jadi nyandu yah...karena magis kali ........

JALOE said...

wow.. baliii . dari dulu cuman denger ceritanya doank.. kapan yach ada yg nganjak ?

Ayas Tasli Wiguna said...

blm update ne?

BRAM WIJAYA said...

untung saya udah tinggal di Bali jadi bener tuh informasinya

Ghustie Samosir said...

@ torik :
Yoi sob :)

@ sukma :
Gak juga akh, emang tempatnya bikin kangen sich hehehhe

@ JALOE :
Ayo sob kesana, tapi bayarin yach hehehhe

@ Ayas Tasli Wiguna :
Update apa nich sob?

@ BRAM WIJAYA :
Wah saya juga jadi pengen tinggal di Bali :D

Andryan said...

Kurang satu lagi, Mas...
Penduduk disana ganteng ganteng seperti SAYA!!!
SAYA penduduk BALI!!!
Heheheheehe!

Pijital said...

aku pernah chat sama bule asal Belgia . . .
dia tau kalo aku orang Indonesia . . .
Dia bilang dia pengen liburan ke Bali . . .
trus aku tawarin mampir ke Jkt bt ketemuan . . .
eh, dia malah bilang "emang Bali sama Indonesia deket pa?"
sangat disayangkan Bali dimata internasional berdiri sendiri tanpa bendera Indonesia . . .

sekedar ngasih info ni buat temen2 blogger . . .
Alnect Komputer ngadain Alnect Blog Contest yang hadiah utamanya adalah laptop . . .
buat yang pengen Laptop Gratis, lumayan ni iseng2 berhadiah . . .

Opung said...

saya pingin bgt ke bali..tp blm kesampaian..he2.

Ghustie Samosir said...

@ Andryan :
Oh iya yach, lupa saya, huehueehhu

@ Pijital :
Astaga, kok bisa gitu yach
Berarti orang luar lebih tau Bali daripada Indonesia padahal Bali khan bagian dari Indonesia :-/
Menyedihkan yach sob :(

Ok makasih infonya...

@ Opung :
Wah kalo gitu, nabung dari sekarang yach sob :D

Berry Devanda said...

mohon doanya, agar dapat juga menikmati keindahan bali...

Ghustie Samosir said...

@ Berry Devanda :
Secepatnya sob :)

Wisata SEO Sadau said...

Kapan ya bisa kesana... :((
indah...begitu indah... (lho koq malah nyanyi??!)

Ghustie Samosir said...

@ Wisata SEO Sadau :
Secepatnya kalo bisa sob, sayang dech kalo gak kesana hehehhe

Regards,
Ghustie Samosir

www.hanyainfo.blogspot.com



Ada bisnis menarik nih. Program bisnis investasi BCA dengan modal cuma Rp. 10.000,-
Bisa dapetin 3 x lipat atau lebih (lumayan buat beli cendol :D)
Gabung ya di www.investasibca.com

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Bener bro emang Bali Top deh, saya juga pernah kesana,,keren apalagi di pantai Kuta..hehehe

Koje said...

I will always love Bali :)
http://ekos06.student.ipb.ac.id

belanja said...

sippp betul banget gan. Bali adalah surga dunia...

Pandito - Panduan Informasi Dunia said...

bali memang indah

nice info sob :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Komentar apapun akan sangat berarti bagi blog ini :)
Petunjuk memberikan komentar :

Pilih "Name/URL" (URL boleh dikosongkan),
Pilih "Anonymous" jika tidak mempunyai website/blog,
Pilih yang lain juga boleh kok :)

 
HanyaInfo is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com